Membaca buku bukan aktivitas diburu waktu

Soal membaca buku aku suka terheran-heran dengan orang yang banyak membaca buku dalam 1 waktu singkat. Semisal dikatakan “aku 1 bulan seenggaknya 3 buku yang aku baca loh” atau seseorang bilang “setahun barangkali bisa jadi 50an buku yang aku baca”. Disitu aku berpikir kok aku enggak sebanyak itu dalam membaca?.

Btw, aku membaca buku cukup lama. Barangkali 1 buku dalam rentang waktu 1 bulan dan itu pun kadang nambah.

Aku pikir buku bukan satu-satunya media informasi. Kadang kuberalih ketika bosan dengan buku, maka membaca 1 buku dalam rentang waktu yang cukup lama sudah tidak bisa dihindari.

Apakah mungkin yang membaca buku dalam 1 waktu dengan cepat tidak beralih sesekali pada media-media lain?.

Dijaman yang serba mudah ini sudah banyak muncul media-media pembelajaran yang bukan hanya buku. Sebenarnya bukan hanya media pembelajaran sih, bisa juga hiburan dan informasi. Media itu bisa berasal dari artikel, koran, tv, radio, podcast, youtube, netflix dan lain sebagainya. Yah sebagai manusia normal yang hidup dijaman sekarang ini sudah barang tentu tidak mengandalkan 1 media saja.

Sekali lagi kukatakan bahwa selalu heran dengan orang-orang yang bisa menghabiskan banyak buku dalam satu waktu singkat. Namun juga terkadang kasihan jika membayangkan kalau dari orang-orang tersebut membaca buku karena sebuah keharusan dan bukannya menikmati aksi membaca buku itu sendiri. Berbeda lagi jika seseorang sudah banyak membaca buku dan menikmatinya, aku tentu akan salut dan kagum.

Memang sih kita enggak bisa suudzon terhadap orang apakah ia menikmati atau tidak menikmati aksi membaca buku. Yang jelas itu bayangan aku saja. Jikapun benar itu adalah suatu keharusan. Aku hanya merasa kasihan.

Aku menghabiskan 1 buku setebal 500an halaman bisa jadi 1 bulanan. Bukan karena aku tidak bisa cepat, namun keinginanku untuk membacanya seperti ingin menikmati potongan kue demi kue hingga tak terasa sudah habis semua potongan. Jadi poinnya bukan cepat-cepat dalam menghabiskan isi bacaan namun senantiasa berfikir bagaimana aku bisa memperlama bacaan dan menikmatinya dengan baik.

Kadang aku berhenti membaca ketika menemukan kata-kata yang “click” untuk dihayati, kadang juga aku berhenti untuk mencari makna atau kata yang belum tahu artinya. Iya aku tahu itu pasti bakal memperlama dalam membaca buku. Namun aku suka. Terkadang aku malah membaca dengan bersuara agar lebih mengerti poin pokok bacaannya.

Masalah juga kadang datang ketika membaca buku. Ngantuk paling utama. Ketika ngantuk datang konsentrasi juga ikutan buyar dan tidak jarang setelah itu diriku memutuskan untuk tidur. Beberapa kali memang aku paksakan untuk tetap terjaga, seringkali gagal dan akhirnya tidur juga.

****

Jadi beruntunglah orang-orang yang bisa menikmati buku bacaan dengan cepat. Karena tidak semua orang bisa seperti itu. Seperti aku contohnya yang lebih menekankan pentingnya pendalaman. Prinsipku soal buku adalah bagaimana buku itu bisa diambil isinya dengan sangat maksimal, oleh karena itu salah satunya adalah menikmati secara mendalam dan membutuhkan waktu untuk itu.

Ya barangkali alasanku saja. Aku tak menampik itu, karena media kan bukan buku saja ada banyak lainnya. Dan kadangkala aku pindah ke haluan media lainnya. Namun tetap aku ingin membaca secara menikmati dan tidak ingin diburu oleh waktu.

Dan merugilah orang-orang yang membaca buku seolah itu adalah bacaan yang harus segera diselesaikan. Ini menurutku yah, bisa jadi berubah pendapatku kedepan. Kata harus seperti tidak ada pilihan saja. Kalau memang terasa tersiksa membaca buku, sudah pindah ke media lain yang lebih disukai. Barangkali media dengan format video.

Dan yang paling merugi adalah orang-orang yang sudah beli buku namun belum dibaca-baca sampai sekarang. Ini adalah kerugian yang besar

Ini pendapatku. Agak resah sih maka kuutulis

—Adisriyadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s