Gramedia Digital – Sebuah Review Singkat

Setelah beberapa bulan yang lalu menulis review singkat tentang aplikasi Ipusnas (meminjam buku secara gratis), sekarang aku ingin mereview aplikasi sejenis namun berbayar atau berlangganan. Aplikasi tersebut bernama Gramedia Digital. Kenapa ingin mereview aplikasi tersebut?, karena oh karena sekarang lagi berlangganan salah satu paket dalam aplikasi tersebut.

Nah kalo kamu belum baca tentang review aplikasi Ipusnas yang sebelumnya aku tulis, boleh nih baca disini (klik link untuk menuju artikel) : https://bit.ly/32sSpBt

Secara umum Gramedia Digital menawarkan 2 tipe bacaan digital yaitu yang pertama dengan cara membeli buku digital tersebut atau yang kedua yaitu dengan cara berlangganan bayar bulanan. Dalam hal ini aku memilih yang berlangganan bayar bulanan atau bisa disebut memilih layanan Premium Package.

Secara sederhana Premium Package yah mirip dengan platform berlangganan hiburan lain (Film atau Musik) seperti Netflix, Amazon Prime, HBO Go, Disney + Hotstar, Spotify dan Joox, namun ini dalam bentuk bacaan digital yaitu lebih spesifiknya adalah buku, koran atau majalah. Mungkin dari kamu masih awam yah dengan platform berlangganan bacaan digital seperti itu. Sebenarnya sudah ada sih sebelumnya seperti contoh Kindle Unlimited yang menawarkan bacaan tak terhingga di Kindle Store. Di Indonesia juga ada yang lain sih seperti rivalnya Tempo Digital yang menawarkan bacaan digital koran dan majalah dengan format berlangganan bulanan.

Karena sebelumnya aku langganan Netflix sempet mikir buat bayarnya kalau enggak pakai kartu kredit atau kartu debit (yang ditarik saldo perbulan secara otomatis). Agak males sih kalo formatnya gitu juga, maksudnya aku kan belum benar-benar mencoba dan menilai secara seksama konten-konten yang ada dalam aplikasi, eh langsung dipaksa buat langganan “auto” tiap bulan. Tapi bersyukur banget buat di Gramedia Digital ini pembayarannya beragam, selain kartu kredit dan debit, bisa juga pakai transfer virtual akun atau kalo pingin lebih mudah lagi pake Gopay maupun ShopeePay. Dengan metode bayar yang lain tersebut kita bisa langganan hanya dibulan tertentu saja. Kalau pingin berhenti yah nunggu masanya habis dan kalau pingin langganan lagi yah tinggal bayar ulang.

Cuman kalau kamu yang memang rajin baca buku dan terus ingin berlangganan tanpa repot pembayaran tiap bulannya kamu bisa pake metode bayar kartu kredit atau kartu debit (auto debet deh tiap bulannya).

Saat aku menulis ini ada 7 paket premium yang ditawarkan oleh Gramedia Digital

  1. Kids Premium Package
  2. Fiction Premium Package
  3. Non Fiction Premium Package
  4. Full Premium Package
  5. Digital X Kompas.Id 1 Bulan Premium Package
  6. Digital X Kompas.Id 3 Bulan Premium Package
  7. Digital X Kompas.Id 6 Bulan Premium Package

Nah dari ketujuh paket yang ditawarkan aku memilih paket yang nomor dua yaitu Fiction Premium Package yang berisi paket bacaan fiksi/only buku fiksi. Kenapa gak sekalian berlangganan yang buku-buku non fiksi? karena kupikir bakalan susah sih kalau baca buku non fiksi dalam format digital yang tentu butuh pemahaman lebih dibanding bacaan fiksi. Tentu beberapa buku non fiksi ada yang mudah dicerna dan cepat dipahami, namun kalau buku bergenre seperti ini aku lebih prefer membeli buku fisiknya aja karena bisa dimark atau ditandai. Selain daripada itu, aku memilih hanya langganan bacaan fiksi karena bacaan ini seringnya jarang sekali dibaca kembali setelah merampungkan bukunya. Maksudnya kalau aku beli buku fisik seringnya setelah dibaca tergeletak mesra disudut kamar kos (tak tersentuh dan tak punya manfaat). Yaudah kalau gitu lebih baik langganan digital saja karena lebih mudah dan hemat. Ini pendapatku saja yah.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Untuk paket yang kupilih harganya Rp. 45,000 perbulan. Nah kalau pingin bisa membaca bacaan fiksi dan non fiksi sekaligus bisa berlangganan paket Full Premium Package dengen harga berlangganan perbulan Rp. 89,000. Untuk lebih lengkap harga tiap paketnya bisa klik link berikut ini: https://ebooks.gramedia.com/id/premium#plan_lists


User Interface aplikasi

Dari tampilan awal membuka aplikasi terlihat tidaklah rumit, cenderung simpel dan mudah dioperasikan. Ada menu pencarian untuk mencari buku secara lebih spesifik; menu toko untuk melihat-lihat buku yang disediakan; menu perpustakaan yang digunakan untuk melihat buku-buku apa yang sedang dibaca; dan tentunya menu pengaturan aplikasi yah tentu untuk mengatur aplikasinya hehe. Udah itu aja sih menu-menu utamanya.

Tampilan awal membuka aplikasi

Namun sayangnya pada aplikasi aku tidak menemukan tombol favoritkan buku atau tombol untuk whitelist buku atau semacamnya. Jadi ketika aku ingin baca yah diklik bukunya lalu unduh. Enggak tahu kenapa pihak Gramedia tidak memberikan opsi tersebut, kan membantu banget buat tahu next-next apa saja yang ingin dibaca. Namun itu masalah kecil sih menurutku. Overall buat user interfacenya sih enak.

Dari segi navigasi atau pengoperasian aplikasi juga cukup seamless, karena belum menemukan sama sekali bugs atau crash ketika mengoperasikannya.


Pengalaman Membaca

Harapanku akhirnya terpenuhi ketika berlangganan Gramedia Premium ini. Harapan apa tuh dis?. Harapan dimana ketika membaca halaman buku bisa dizoom atau diperbesar. Kan di Google Books dan Amazon bisa dis? maksudku yang versi Indonesianya yah seperti contohnya Ipusnas. Di Ipusnas halaman buku tidak bisa dizoom atau diperbesar (dalam hal ini aku menggunakan aplikasi berbasis iOS) pun huruf-hurufnya cenderung kecil hampir tidak bisa dibaca. Benar-benar menggangu banget sih menurutku apalagi buat orang-orang yang baca via gadget dengan layar kurang dari 5 inch.

Buat navigasi ketika membaca juga enak sih, walaupun menurutku belum seenak navigasi diaplikasi Google Play Books dan Kindle yang begitu seamless. Seperti contohnya ketika berpindah ke halaman berikutnya kalau di Gramedia Premium ini hanya menggeser/mendorong halaman, sedangkan di Google Play Books atau di Kindle bisa dengan efek menggulung kertas yang tentunya lebih seperti membaca buku pada umumnya.

Lagi membaca novel Laut Bercerita

Selain itu huruf-huruf yang ada dalam buku tidak bisa di copy paste. Enggak tahu alasannya apa, maybe buat melindungi dari pembajakan kali. Padahal kalau di Google Play Books atau Kindle bisa-bisa aja tuh. Emang mau buat apa di copy paste dis?, yah kan kadang-kadang ada kutipan yang menarik tuh lalu pingin di copy paste atau kadang ada kata-kata yang kurang dimengerti dan ingin dicari maknanya di website kbbi dengan mudah pake copy paste. Jadi sekarang bisanya cuman di screenshot dan diketik sendiri kalau ada kata-kata yang kurang dimengerti.

Kesimpulannya jadi?

Kalau dari aku sih worth it untuk berlangganan buku digital di Gramedia Digital ini dengan harga hanya 45.000 perbulan. Tentu kalo pingin lebih lengkap variannya bisa berlangganan Full Premium Package.

Kalau kamu tipe yang haus akan membaca buku bisa dicoba buat langganan sih. Bisa 4-5 buku yang dibaca dalam 1 bulan atau barangkali malah lebih hehe.

Udah itu aja sih review singkat dari aku tentang Gramedia digital ini

Moga bermanfaat yah:)

–Adisriyadi

2 thoughts on “Gramedia Digital – Sebuah Review Singkat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s