Dimanapun Juga Bisa Nulis

Akhirnya aku merasa nyaman menulis panjang menggunakan gadget smartphone dari yang sebelumnya seringnya pake laptop kalau pingin nulis dalam format panjang. Bagiku beberapa waktu kemarin udah kebayang susahnya nulis panjang kalo via gadget, karena mata harus tetep aktif melihat papan keyboard virtual sembari mengetik. Nah kalo pake laptop kan udah lancar tanpa melihat papan keyboardnya. Jadi bisa fokus melihat ketikkan yang dibuat.

Dan biasanya smartphone hanya digunain untuk nulis tulisan pendek seperti kutipan, puisi dan semacam prosa gitu.

Tapi setelah dicoba beberapa kali nulis panjang di Gadget enak-enak aja tuh. Walaupun awalnya memang tidak nyaman karena belum terbiasa. Seperti membandingkan pengalaman enaknya ngetik dilaptoplah, enaknya ngetik pake keyboard laptoplah, enaknya mantengin layar laptop yang lebih gede lah dan lain sebagainya. Namun setelahnya merasa lebih mudah dalam hal akses dan gak ribet dibandingin sama laptop yang harus buka laptop dulu; lalu tethering internet smartphone ke laptop (ini kalo aku ya); buka wordpress atau notes lalu setelah itu baru ngetik. Kek semacam ribet untuk beberapa situasi dan kondisi. Sedangkan smartphone tinggal buka aja lalu ngetik (kalo kepikiran lagi males buka laptop).

Aku tetep gunain laptop untuk nulis yah. Sesuai yang aku bilang tergantung situasi dan kondisi aja.

Dari itu, aku nyimpulin bahwa kita bisa menulis di media apapun. Soal kenyamanan dalam menulis tinggal waktu aja. Kalo udah terus menerus dicoba nanti juga nyaman (maybe). Kayak pepatah jawa bilang: Witing tresno jalaran soko kulino hehe.

Jadi gak ada alasan bagiku nih buat bisa produktif nulis panjang dimanapun dan kapanpun, karena ga melulu nulis via laptop.

Itu aja sih yang pingin aku tulis. Kek semacam hal yang gak penting namun pingin banget aku tulis. Ya wis gitu aja. Hehe

Terima kasih telah membaca yak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s