Iuran BPJS Kesehatan naik yang turun kelas juga naik

Sumber foto: Kompas.com

Ku tak habis pikir kenapa Iuran BPJS kesehatan naik tahun ini. Dari kelas 3,2 dan kelas 1. Kenaikkannya tidak tanggung-tanggung untuk kelas 1 naik 100%, kelas 2 lebih dari 100% dan kelas 3 hampir 70%. Sedangkan sekalipun aku juga belum pernah merasakan manfaatnya (ya Alhamdullilah sebenarnya tetep sehat. Jangan sampai dah).

Kenapa harus iuran naik tiap kelasnya sih?. Oke deh kalo kelas 1 atau 2 naik (skema pahitnya) tapi berikanlah nafas untuk kelas 3 membayar. Masak yah kenaikkannya hampir 70%? Dari yang 25.500 jadi 42.000?. Kan enggak lucu yak udah banyak iuran sana sini, mungkin kayak rumah, kendaraan, iuran sekolah anak dan biaya lain-lainnya.

Ya para yang diatas juga punya pandangan yang beda pastinya. Barangkali defisit yang menumpuk-numpuk itu menjadi salah satu acuan untuk menaikkan tarif biaya perkelas.

Sebenarnya kalau ingin gratis tidak bayar bisa aja. Sederhananya tinggal info ke Pemerintah tidak mampu lalu diuruslah dan tidak bayar iuran. Tapi masalahnya bukan itu, ini lebih kepada kenaikkan itu sendiri yang memberatkan si pembayar iuran.

Nah bagi kamu-kamu yang ingin turun kelas ada beberapa caranya nih:

  • Bisa dilakuin di aplikasi JKN
  • Hubungi nomor layanan 1500400
  • Langsung ke kantor cabang terdekat
  • Ke mal pelayanan publik
  • Atau ke mobil costumer service

Oh iya yang bisa ngajuin turun kelas adalah peserta yang udah kedaftar minimal 1 tahun yah, kalo kurang dari itu enggak boleh hehe.

Asuransi kesehatan memang penting namun yang lebih penting menjaga dan membangun kesehatan itu sendiri. Keep healthy! 💪🏻

-Adis Riyadi

Referensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s